GMKI Tobelo Minta Timsel KPU Kabupaten/Kota Zona Maluku Utara I Tetap Profesional dan Bijak Mengelola Informasi Tidak Valid

Foto : Ketua Cabang GMKI Tobelo Johan Rivaldo Djini, S.Pd (istimewa)

CORONGTIMUR.COM, HALUT – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tobelo, minta Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU zona Maluku Utara I agar bekerja secara profesional, jujur, dan adil, serta tidak cepat-cepat termakan informasi/tanggapan masyarakat yang tidak dengan data valid.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Cabang GMKI Tobelo Johan Rivaldo Djini, S.Pd, saat diwawancarai awak media Corongtimur.com di kediamannya, pada Minggu (10/03/2024).

Dalam wawancara tersebut, Rivaldo menegaskan bahwa pihaknya meminta Timsel KPU zona Maluku Utara I agar bekerja secara baik, dan tidak cepat termakan isu liar yang tidak jelas sumber kebenarannya.

“GMKI meminta agar Timsel KPU zona Maluku Utara I tetap profesional dan bekerja secara baik, dan kami juga menghimbau agar Timsel bijak dalam menerima/mengelola berbagai informasi yang tidak jelas kebenarannya yang beredar diberbagai media dan surat kabar,” ujar Rivaldo.

Baca juga:  GMKI Tobelo Gelar Aksi Demonstrasi Terhadap Pemda Halut, Begini Hasil Hearing-nya

Selain itu, Ketua GMKI Tobelo juga menyoroti soal tanggapan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Halmahera Utara (Halut) yang sempat mempersoalkan hasil kerja Timsel terkait dengan hasil seleksi tertulis dan tes psikologi bakal calon Anggota KPU Kabupaten/Kota zona Maluku Utara I.

Dalam komentar Ketua DPD KNPI Halut pada laman media Posttimur.com (09/03/2024), secara tegas mendesak agar Timsel KPU zona Maluku Utara I kembali mempertimbangkan hasil seleksi tertulis dan tes psikologi bakal calon Anggota KPU Kabupaten/Kota zona Maluku Utara I, dengan mengungkit kembali Surat Rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halut Tahun 2021 silam.

Menanggapi hal tersebut, menurut Rivaldo bahwa terkait dengan persoalan Surat Rekomendasi Bawaslu Halut tersebut telah diselesaikan dalam Sidang Kode Etik oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Rabu, 1 September 2021 silam.

Baca juga:  Jalin Kerjasama dengan PGI, Sinode GMIH Laksanakan Program "Pendidikan Politik Gereja"

“Terkait dengan persoalan ini, setahu saya bahwa KPU Kabupaten Halmahera Utara pernah dilaporkan ke DKPP terkait pelanggaran Kode Etik karena tidak menindaklanjuti rekomendasi diskualifikasi terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2021 silam,” tuturnya.

Namun, “Kasus ini telah disidangkan di DKPP, dan dalam isi Putusan Sidang tersebut para Teradu dalam hal ini ke-5 Anggota Komisioner KPU Kabupaten Halmahera Utara, tidak terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu,” lanjut dia.

Hasil Putusan Sidang Kode Etik di DKPP

Selanjutnya, bahwa berdasarkan atas pertimbangan dan kesimpulan dalam Sidang Kode Etik di DKPP tersebut berhasil Memutuskan 4 poin sebagai berikut:

  1. Menolak Pengaduan Pengadu untuk seluruhnya;
  2. Merehabilitasi nama baik Teradu I Muhammad Rizal selaku Ketua merangkap Anggota KPU Kabupaten Halmahera Utara, Teradu II Asmawati Marsaoly, Teradu III Ircham Paludu Puni, Teradu IV Abdul Djalil dan Teradu V Sefriando Bitakono masing-masing selaku Anggota KPU Kabupaten Halmahera Utara;
  3. Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum untuk melaksanakan putusan ini paling lama 7 (Tujuh) hari sejak dibacakan; dan
  4. Memerintahkan Badan Pengawas Pemilu untuk mengawasi pelaksanaan Putusan ini.
Baca juga:  GMKI Tobelo Minta KPK Periksa Pemda Halut Beserta Seluruh Jajaran Pemerintahan di Tingkat Desa

Diakhir wawancara tersebut, Rivaldo juga menyampaikan bahwa pihaknya akan tetap mendukung kerja-kerja Timsel sejauh ini dalam proses seleksi dan perekrutan Anggota KPU, baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara.

“GMKI akan terus mengawal serta mendukung upaya kerja-kerja Timsel dalam proses seleksi dan perekrutan Anggota KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku Utara ini agar berjalan dengan baik, jujur, dan adil,” ucap Ketua Cabang GMKI Tobelo sekaligus mengakhiri komentarnya. (Wil/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *