Jelang Momentum Pemilu 2024, Panwaslu Tobelo Selatan Dorong Netralitas ASN dan Pemerintah Desa

Foto : Arky Yanto Hakuta, S.Pd, Ketua Panwaslu Tobelo Selatan (istimewa).

CORONGTIMUR.COM, HALUT – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tobelo Selatan (Tobsel), Kabupaten Halmahera Utara (Halut), memberi himbauan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa lainnya, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tersebar di wilayah Tobsel, agar menjaga netralitasnya dalam menyikapi momentum Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Sehubungan dengan hal itu, Ketua Panwaslu Tobsel Arky Yanto Hakuta, S.Pd, menjelaskan bahwa himbauan tersebut merupakan bagian dari bentuk upaya sosialisasi bagi ASN, Kades dan Perangkat Desa lainnya, termasuk BPD, untuk menjaga netralitasnya. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran terkait dalam hal politik praktis.

“Kami menyadari pentingnya bagi ASN, Kades dan Perangkat Desa lainnya, termask BPD, agar menjaga integritas dan netralitasnya. Oleh karena itu, kami memberi himbauan sekaligus mengsosialisasikan hal ini dalam rangka untuk menjamin keadilan dan transparansi pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang,” tutur dia kepada awak media Corongtimur.com (1/11/2023).

Baca juga:  Panwaslu Kecamatan Weda Selatan Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Selain itu, Arky juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mulai melakukan kunjungan ke berbagai instansi terkait, seperti Kades dan Perangkat Desa, serta seluruh BPD yang ada di Tobsel, untuk memberikan pemahaman mengenai aturan netralitas yang harus dipegang teguh selama proses tahapan berlangsung.

“Sebagai tindakan preventif untuk menghindari pelanggaran pada Pemilu tahun 2024 mendatang, maka kami akan mulai melakukan kunjungan kepada seluruh ASN, Kades dan Perangkat Desa lainnya, termasuk BPD yang ada di Tobsel, untuk memberi pemahaman mengenai aturan netralitas yang harus dijunjung tinggi pada Pemilu 2024 mendatang,” ucap dia.

Lanjut Arky, “Kami juga berharap agar lewat sosialisasi serta kunjungan ini, seluruh ASN, Kedes dan Perangkat Desa lainnya, beserta para BPD se-Tobsel, dapat lebih memahami pentingnya netralitas. Hal ini juga dimaksudkan agar mereka dapat menjalankan tugas dan fungsi secara adil dan transparan pada Pemilu 2024 mendatang, demi terciptanya pemilihan yang Bersih dan Jujur.”

Baca juga:  Curah Hujan, Jembatan di Sabatai Tua Morotai Patah

Untuk diketahui, perihal himbauan yang sama juga dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan se-Halut, dalam rangka mengsosialisasikan netralitas ASN, Kades dan Perangkat Desa lainnya, termasuk BPD, menjelang momentum Pemilu 2024 yang sudah semakin dekat. (Des/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *