Ketua IPMKB, Lasarus Goleo: Bantuan Pendidikan PT NHM Bak Hadiah Natal

Lokasi PT NHM

Lokasi PT NHM

CORONGTIMUR.COM, HALUT—Ketua Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kao Barat (IPMKB) di Sulut, Lasarus Goleo keluhkan Program Bantuan Pendidikan dan Beasiswa Prestasi dari PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) yang hingga kini belum disalurkan.

Pasalnya, program Pendidikan TA. 2020/2021 sampai kini belum disalurkan PT NHM. Dan ini kerap terjadi setiap tahun.

“Tiap tahun selalu terlambat pencairan Bantuan Pendidikan. Entah kendalanya apa, padahal berkas mahasiswa sudah dimasukkan sejak bulan Juni,” Cetus Lasarus Goleo, Ketua IPMKB di Sulut pada, Senin (25/10).

Katanya, sesuai Juknis PPM Bidang Pendidikan, Bantuan Pendidikan dan Beasiswa Prestasi disalurkan bulan Juli, tetapi saat ini sudah masuk pada bulan Oktober namun belum disalurkan oleh PT NHM.

Baca juga:  Panitia PHBG GMIH Bakal Gelar Syukur Paskah, Putusan MA dan Hari PI, Ketupat : Kami Sudah Siap

“Sudah akhir tahun, tapi belum cair. Kalaupun cair, penggunaannya akan bukan lagi kebutuhan studi melainkan di kebutuhan lain. Apalagi ini sudah persiapan Desember. Jadi, harusnya pencairan tepat waktu biar penggunaan tepat guna,” Katanya.

Ia pun mempertanyakan kinerja Social Performance PT NHM. Menurutnya, dengan adanya penambahan Tim SP setiap desa dan kecamatan, mesti kinerja SP PT NHM lebih baik dari sebelumnya.

“Kini Tim SP sudah kian banyak, karena dari desa dan kecamatan itu ada. Jadi kalau dihitung, tim desa saja berjumlah 83 orang dari 83 desa di Lingkar Tambang, ditambah SP Kecamatan dan di Departemen SP PT NHM. Tapi heran, tidak ada peningkatan kinerja SP PT NHM,” Tuturnya.

Baca juga:  Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Halut

Sehingga baginya, komitmen PT NHM dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia Kao-Malifut yang andal dan unggul masih diragukan. Mengingat, realisasi daripada program Bantuan Pendidikan dan Beasiswa Prestasi saja tidak tepat waktu. Dan, pun terdapat program PPM Bidang Pendidikan masih perlu dibenahi selain program tersebut.

“Kalau PT NHM benar-benar punya niat dan komitmen membangun SDM Kao-Malifut yang cerdas dan punya daya saing, maka harusnya program pendidikan tidak diberikan kesan ‘stengah hati’, apalagi ini bersifat Tanggung Jawab Sosial Perusahaan,” Pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *